Cara Menulis Laporan Bisnis

Related image
Pendirian PT

 

Laporan bisnis adalah salah satu cara paling efektif untuk berkomunikasi dalam dunia bisnis saat ini. Meskipun tujuan laporan bisnis memiliki cakupan yang luas, perusahaan atau perorangan dapat menggunakannya untuk membantu membuat keputusan penting. Untuk menulis laporan bisnis yang efektif, Anda harus terlebih dahulu memahami apa dan bagaimana itu dapat digunakan.

Bagian 1
Memutuskan Apa Jenis Laporan yang Ditulis
(1). 
Sajikan ide. Laporan yang menyajikan ide disebut laporan justifikasi / rekomendasi. Anda dapat menggunakan laporan ini untuk memberikan saran kepada manajemen atau pengambil keputusan penting lainnya. Laporan ini biasanya berisi ringkasan dan badan. Ringkasan ini menyoroti permintaan Anda. Tubuh laporan menggali manfaat, biaya, risiko, dll., Yang terkait dengan permintaan Anda.
Misalnya, Anda menginginkan printer 3D untuk divisi Anda. Untuk meyakinkan manajer Anda untuk meminta satu, Anda akan menulis laporan justifikasi / rekomendasi untuk secara resmi meminta tim manajemen untuk printer.  Pendirian PT

(2).  
Hadir risiko yang terlibat dengan peluang khusus. Laporan investigasi membantu menentukan risiko yang terlibat dengan tindakan tertentu. Jenis laporan ini sangat bagus untuk membantu perusahaan mengantisipasi dampak. Laporan ini akan berisi pengenalan, tubuh, dan kesimpulan. Pengantar menyoroti masalah yang sedang diselidiki. Tubuh digunakan untuk mendiskusikan fakta dan hasil penyelidikan. Kesimpulannya digunakan untuk meringkas.
Misalnya, perusahaan farmasi X ingin bermitra dengan perusahaan farmasi Y tetapi memiliki beberapa kekhawatiran. Perusahaan X tidak ingin bermitra dengan perusahaan yang memiliki masalah keuangan saat ini atau pernah mengalami masalah keuangan di masa lalu. Perusahaan X melakukan investigasi dan menggunakan laporan investigasi untuk membahas informasi keuangan yang mendalam tentang perusahaan Y dan para direkturnya.

(3). 
Hadir informasi kepatuhan kepada badan yang mengatur. Laporan ini, yang dikenal sebagai laporan kepatuhan, membantu perusahaan menunjukkan akuntabilitas. Sebuah perusahaan akan menggunakan laporan kepatuhan untuk menunjukkan bukti kepada badan pengatur (kota, negara bagian, pemerintah federal, dll.) Bahwa ia mengikuti semua hukum / aturan yang berlaku dan bahwa ia menghabiskan uang dengan benar. Laporan ini berisi pendahuluan, isi dan kesimpulan. Pengantar biasanya mencakup ikhtisar bagian utama laporan. Tubuh berisi data spesifik, fakta, dll., Yang perlu diketahui oleh entitas regulator. Kesimpulannya digunakan untuk meringkas.
Misalnya, CALPERS (California Public Employees Retirement System) diperlukan untuk menunjukkan dewan administrasinya bahwa ia mengikuti semua hukum dan aturan yang berlaku pada tahun 2010. Ini menyusun laporan kepatuhan tahunan untuk menunjukkan kegiatan mereka untuk tahun ini.

(4). 
Sajikan kelayakan ide atau proyek yang diusulkan. Laporan eksplorasi untuk menentukan apakah suatu ide akan bekerja disebut laporan kelayakan. Laporan harus memuat ringkasan dan isi. Ringkasan menyajikan gagasan. Tubuh mencakup manfaat, potensi masalah, biaya terkait, dll, dari ide yang diusulkan. Perusahaan mungkin menggunakan laporan kelayakan untuk menjelajahi pertanyaan seperti ini:
Dapatkah proyek ini diselesaikan dalam anggarannya?
Akankah proyek menguntungkan?
Dapatkah proyek ini diselesaikan dalam jangka waktu yang ditentukan?

(5). 
Penelitian hadir ditemukan dalam sebuah penelitian. Laporan penelitian penelitian menyajikan penelitian tentang masalah atau masalah. Ini adalah pandangan mendalam pada masalah yang sangat spesifik. Laporan harus memuat abstrak (ringkasan), pendahuluan, metode, hasil, kesimpulan dan rekomendasi. Itu juga harus mengutip studi atau studi yang terlibat.     Jasa pendirian PT
Sebagai contoh, sebuah bisnis mungkin melakukan studi di seluruh perusahaan tentang apakah akan melarang merokok di ruang karyawannya. Orang yang menulis penelitian akan menghasilkan laporan penelitian.

(6).  
Bantu perusahaan meningkatkan kebijakan, produk, atau prosesnya melalui pemantauan yang konsisten. Laporan ini, yang disebut laporan berkala, ditulis pada interval yang tetap, seperti mingguan, bulanan, triwulanan, dll. Ini dapat memeriksa efisiensi, untung dan rugi, atau metrik lainnya selama interval yang dipilih.
Misalnya, perwakilan penjualan farmasi dapat memberikan ringkasan bulanan dari panggilan penjualannya.

(7). 
Laporkan situasi tertentu. Situasi tertentu – sebagai lawan dari interval tetap – panggilan untuk laporan situasional. Situasinya bisa sesederhana informasi yang disediakan di konferensi atau serumit laporan tentang respons terhadap bencana alam. Laporan-laporan ini berisi pengenalan, tubuh dan kesimpulan. Gunakan pengantar untuk mengidentifikasi acara dan pratinjau secara singkat apa yang Anda bahas di badan laporan.

About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *