Panduan Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa semua wanita menginginkan tampilan kulit wajah yang cantik, tak terkecuali untuk ibu hamil maupun menyusui. Namun perlu diperhatikan bagi bumil bahwa tidak boleh sembarangan dalam memilih kosmetik perawatan kulit wajah, pastikanlah kosmetik yang akan anda gunakan ketika hamil maupun menyusui aman digunakan.

Perlu diketahui bahwa ketika masa kehamilan maupun menyusui seorang wanita akan mengalami penambahan berat badan dan juga perubahan hormon yang bisa mempengaruhi kulit wajah, dan biasanya kulit wajah akan mudah untuk berjerawat. Maka dari itulah perlu melakukan perawatan dengan baik dan benar, tentunya harus menggunakan kosmetik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Inilah panduan memilih kosmetik yang aman untuk ibu hamil maupun menyusui

Pilih produk kosmetik yang aman

Ketika masa kehamilan maupun menyusui seorang wanita akan cenderung lebih mudah timbul jerawat pada wajah, hal ini disebabkan perubahan hormonal. Untuk itu perlunya memilih kosmetik yang tepat sangat dianjurkan agar tidak membahayakan janin apabila kosmetik yang digunakan terserap oleh tubuh. Pastikan kosmetik yang digunakan sudah terdaftar di BPOM, selain itu pilihlah kurangi pemakaian kosmetik dan gunakan seperlunya saja/tidak terlalu banyak seperti ketika belum hamil.

Konsultasi ke dokter

Jika dirasa sudah mendapatkan produk kosmetik yang aman digunakan sewaktu hamil namun masih ada keraguan untuk menggunakannya maka alangkah baiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Tanyakan apakah kosmetik tersebut aman digunaka sewaktu hamil.

Hindari produk anti penuaan

Banyak sekali produk anti penuaan yang dijual, namun belum semua aman digunakan bagi bumil. Untuk itu pastikan produk anti penuaan yang akan anda gunakan tidak mengandung retinoid, paslanya menurut penelitian produk anti penuaan yang mengandung retinoid berbahaya bagi janin.

Hindari produk pewarna kuku

Produk pewarna kuku atau kutek memang tidaklah masalah digunakan, namun jika dalam masa kehamilan lebih baiknya untuk menghindarinya. Pasalnya rata rata produk pewarna kuku mengandung bahan phthalates, kandungan inilah yang beresiko dapat menyebabkan kelainan pada bayi.

Hindari produk pewarna rambut

Sebagian dokter menyarankan untuk menghindari produk pewarna rambut ketika masa kehamilan, pasalnya rata rata produk pewarna rambut mengandung ammonia yang bisa menyebabkan rasa pusing dan mual mual. Selain itu produk pewarna rambut akan mudah masuk kedalam tubuh malalui keringat dan masuk lewat pori pori kulit.

Bagi ibu hamil memang tidak ada larangan untuk penggunaan kosmetik kecantikan, namun ketika hamil maupun menyusui lebih baiknya berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memilih kosmetik yang akan digunakan, karena dengan begitu kita akan tenang dan janin yang ada didalam kandungan akan selalu sehat.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *