Sebelum Membeli Motor Bekas Sebaiknya Perhatikan 10 Tips Ini Terlebih Dahulu

Motor adalah pilihan yang paling dicari. Ini karena kuda besi dianggap sebagai sarana transportasi yang tepat, baik di kota maupun di desa.
Selain masalah mobilitas, sepeda motor juga dianggap lebih efektif dan efisien. Selain mampu bermanuver di jalan-jalan, uang untuk membeli biaya bahan bakar lebih relevan.
Namun seperti diketahui, untuk memiliki sepeda motor tidak harus baru kepada dealer. Sebab, bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, atau menggunakan anggaran sepeda motor juga bisa menjadi alternatif.
Tentu saja sepeda motor bekas yang ditawarkan akan lebih murah dibandingkan motor baru. Namun, mungkin saja sepeda motor yang digunakan saat ini masih cukup mahal.
Karena itu, situs Cermati menyediakan beberapa tips, mencari sepeda motor bekas dengan harga murah tapi berkualitas baik.
Karena, ada kemungkinan sepeda motor baru dibeli hanya umur jagung, alias cepat rusak setelah digunakan selama beberapa bulan atau kurang dari setahun.
Selain itu, motor bekas dapat digunakan untuk Lebaran, yang akan didorong di kampung halaman mereka.

Baca juga : Listening IELTS, IELTS Writing dan Speaking IELTS

Nah, inilah tip untuk membeli sepeda motor bekas:
1. Tujuan Pembelian Motor
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sepeda motor, hal pertama yang harus diingat adalah mengapa Anda memilih untuk membeli sepeda motor bekas. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui fungsi apa saja yang sesuai dengan aktivitas harian Anda.
2. Jenis Motor
Setelah mengetahui tujuan Anda untuk membeli sepeda motor, yang berikutnya adalah menentukan jenis motor yang akan dibeli. Misalnya, bebek bermotor, motor motor, atau cengkeraman motor.
Ketiga jenis motor memiliki perbedaan, baik dari segi mesin dan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, tentukan prioritas Anda sebelum pergi ke penjualan sepeda motor, begitu cepat untuk memilih mereka.
3. Spesifikasi Motor
Jika Anda sudah tahu tujuan dan fungsi untuk membeli sepeda motor, cobalah mencari spesifikasi motor target Anda. Entah dari internet, atau bisa juga berupa selebaran iklan. Dari sana, Anda akan memahami spesifikasi dari motor yang ditargetkan
Ini sangat pasti karena jika Anda tinggal di pegunungan, dan Anda memilih untuk memilih motor, yang cukup sulit digunakan ketika ada cara yang cukup ekstrim. Tentu tidak sesuai.
Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk membaca spesifikasi dan menghubungkan titik spesifikasi dengan lingkungan rumah untuk bekerja atau menempatkan aktivitas Anda yang lain.
4. Bandingkan Harga
Setelah Anda mengetahui spesifikasi motor yang akan Anda beli, carilah perbandingan harga motor dengan motor lain yang sesuai dengan tipe yang didambakan.
Bandingkan dengan seksama harga referensi masing-masing motor dan pilih harga yang dianggap lebih murah tetapi menawarkan kualitas yang baik.
5. Pedagang Tepercaya
Memilih dealer sepeda motor tepercaya sangat penting, belum lagi membeli sepeda motor bekas. Jika Anda memilih dealer yang salah, kerugian, masalah, dan penyesalan dapat dihadapi. Tentu saja Anda tidak ingin itu terjadi.
Karena itu, carilah pedagang yang dikenal karena kredibilitasnya dan memiliki banyak pelanggan atau pelanggan.
6. Sejarah Sepeda Motor
Ketika Anda berada di penjual sepeda motor bekas, tanyakan tentang sejarah kendaraan Anda.
Ini penting karena mengetahui sejarah kendaraan, maka Anda akan tahu bagaimana mesin dan kakinya, apakah motor itu dicuri atau tidak.
7. Motor Fisik
Setelah Anda mengetahui sejarah motor yang digunakan, lihat dan periksa sedapat mungkin kesempurnaan fisik motor. Karena peralatan fisik motor juga mempengaruhi harga motor.
Jangan lupa untuk memeriksa bagian luar motor, seperti body motor, ban, lampu, speedometer, sehingga bagian dalam mesin masih berfungsi dengan baik.
8. Surat selesai
Setelah mengetahui tentang kelengkapan fisik motor, periksa juga kesempurnaan huruf sepeda yang digunakan untuk membeli. Apakah motor memiliki surat-surat penting seperti registrasi kendaraan dan BPKB, dan periksa apakah kertas itu asli atau salah.
9. Tes Drive
Minta dealer untuk mengizinkan Anda mencoba test drive. Karena ini bisa memberi tahu Anda apakah motor itu layak dikendarai atau tidak.
10. Harga Penawaran
Nah, tip terakhir untuk membeli sepeda motor bekas murah adalah dengan membuat harga penawaran. Pastikan bahwa harga yang Anda tawarkan sesuai dengan kondisi motor, sehingga tidak ada yang akan dirugikan nantinya.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *