3 Contoh Alat Bantu Pernapasan Yang Digunakan Di Rumah Sakit

Pernapasan merupakan satu sistem yang menunjang kehidupan manusia. Tanpa sistem ini mustahil manusia bisa hidup di muka bumi ini. Dalam keadaan tertentu, pernapasan manusia terkadang terganggu, terlebih lagi karena faktor dari luar seperti kecelakaan dan sejenisnya. Oleh karena itu di unit – unit pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit atau Klinik terdapat alat bantu pernapasan.

contoh alat bantu pernapasan

Ada beberapa macam alat bantu pernapasan yang disesuaikan dengan fungsinya masing – masing. Berikut saya mencoba berbagi informasi mengenai ragam alat bantu pernapasan yang biasanya digunakan di rumah sakit dan klinik.

1. Tabung Oksigen

Tabung ini berisi oksigen murni yang digunakan sebagai cadangan apabila ada pasien yang membutuhkan oksigen dalam kondisi darurat. Tabung ini terbuat dari besi dengan kekuatan tekanan yang tinggi. Sebelum masuk ke dalam selang, dari tabung oksigen dipasang regulator oksigen untuk mengatur laju aliran oksigen agar tidak terlalu kencang. Tabung oksigen biasanya stersedia dalam ukuran besar dan kecil, namun cara penggunaanya sama saja.

2. Ventilator

Ventilator yang dimaksudkan di sini tentu alat medis. Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk menggantikan sebagian atau seluruh fungsi kerja paru – paru. Alat ini biasanya digunakan pada pasien dengan gangguan fungsi paru yang berat. Kebanyakan alat seperti ini terdapat di dalam ruang ICU atau Unit Gawat Darurat. Harga ventilator ICU juga cukup mahal, hal ini karena fungsinya yang sangat penting dan kompleks. Bahkan merk – merk Eropa bisa berharga sampai ratusan juta rupiah.

3. Nebulizer

Fungsinya secara umum bukanlah untuk membantu proses pernapasan. Namun alat ini berfungsi untuk membuat proses pernapasan menjadi lancar. Nebulizer berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi uap untuk bisa diserap oleh pasien yang sedang mengalami gangguan pernapasan. Nebulizer biasanya digunakan untuk meringankan penyakit asma dan gangguan pernapasan sejenisnya.

Ada banyak lagi macam alat – alat bantu pernapasan yang biasanya digunakan di rumah sakit. 3 contoh diatas merupakan sebagian kecil yang ada di hadapan kita. Sekian saja yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *