Mengenal Beberapa Alat Medis Di Ruang NICU

Mungkin anda pernah berkunjung ke rumah sakit atau klinik. Tentu anda mengerti ada banyak ruangan – ruang di dalam rumah sakit salah satunya adalah ruang NICU. Apa itu NICU ? NICU adalah kepanjangan dari Neonatal Intensive Care Unit, yaitu sebuah unit perawatan khusus bagi bayi yang baru lahir secara intensif. Di dalam ruangan ini terdapat berbagai macam peralatan medis yang juga khusus diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir.

alat medis di ruang nicu

Berikut ini beberapa macam alat medis yang digunakan sebagai penunjang operasional ruang NICU di sebuah rumah sakit atau klinik.

1. Inkubator Bayi

Inkubator bayi tidak asing di telinga kita, ya itu adalah alat medis yang digunakan untuk merawat bayi prematur. Yaitu bayi yang dilahirkan sebelum usia kelahirannya. Atau jauh sebelum itu. Bayi seperti ini biasanya mengalami beberapa gangguan, hal ini dikarenakan kondisi organ tubuhnya yang belum sempurna.

2. Buble CPAP

Saya yakin, istilah ini asing di telinga anda. Memang benar, alat ini jarang sekali ditemukan. Buble CPAP adalah salah satu alat bantu pernapasan untuk bayi prematur yang mengalami gangguan pernapasan. Paru – parunya yang belum bisa mengembang sempurna, dibantu menggunakan alat tersebut.

3. Infant Warmer

Khusus untuk bayi yang mengalami kedinginan atau hipotermia, dilakukan terapi menggunakan alat ini. Infant warmer digunakan untuk menghangatkan bayi yang baru lahir yang mengalami keluhan terhadap suhu tubuhya.

4. Lampu Fototerapi

Terkadang kita melihat ada bayi dengan kulit tubuhnya yang berwarna kuning. Hal ini terjadi karena kadar bilirubin dalam tubuhnya terlalu berlebihan. Ini disebabkan karena organ hati yang belum sempurna sehingga enzim yang dikeluarkan untuk memecah bilirubin tidak berfungsi. Untuk menangani permasalahan ini digunakan terapi sinar biru yaitu menggunakan lampu fototerapi.

Pihak rumah sakit tentunya sudah menyiapkan berbagai macam alat – alat untuk penangangn bayi yang mengalami gangguan di dalam ruang NICU tersebut. Dengan adanya ruang khusus ini, diharapkan segala macam kondisi yang dialami pasien bisa ditangani dengan baik. Sekian saja ulasan mengenai alat  – alat medis yang ada di ruang NICU rumah sakit, semoga bisa bermanfaat.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *