Mainan jogja tradisional

Setiap orang pasti pernah punya yang namanya mainan kesukaan dan mungkin saja hingga saat ini masih disimpan dengan rapi. Banyak orang yang sudah melupakan permainan tradisional dan beralih ke permainan canggih seperti robot, pesawat, mobil dan lain-lain. Sebenarnya permainan tradisional juga perlu dilestarikan karena itu adalah hasil karya anak bangsa pada jaman dahulu.

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa permainan tradisonal sudah tidak menarik lagi dan mereka tinggalkan. Akan tetapi tidak sedikit pula yang masih menyimpan mainan tradisional untuk koleksi atau untuk mengenang masa kecil mereka. Dan selanjutnya pada kesempatan kali ini situs judi domino akan memberikan sebuah ulasan mengenai  beberapa mainan khas dari sebuah daerah di indonesia yaitu tentang mainan jogja. Langsung saja mari kita simak bersama-sama.

Mainan Khas Jogja

Jogja merupakan salah satu daerah istimewa dan bagian dari negara Indonesia. Jogja berada diwilayah propinsi jawa tengah dan sangat erat kaitannya dengan keraton Jogja. Dengan adat jawa yang sudah kental dan turun temurun dari nenek moyang membuat wilayah Jogja menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh turis dalam negeri maupun luar negeri.

Jika anda berwisata ke Jogja maka akan menemui banyak mainan tradisional yang dijual dan bisa dibeli untuk oleh-oleh. Adapun beberapa mainan khas tradisional dari daerah Jogja diantaranya :

  1. Dakon/Congklak

Permainan ini cukup unik dan bisa dimainkan oleh 2 orang. Biasanya para anak perempuan yang memainkannya.

 

  1. Layangan Gambar

Yang membedakan layangan khas Jogja dengan layangan lain adalah dari bentuk dan gambar yang disajikan bermacam-macam mulai dari bentuk tokoh pewayangan, naga, burung dan lain-lain.

 

  1. Bekelan

Permainan bekelan sering dimainkan oleh anak perempuan. Adapun ciri-ciri dari permainan ini adalah satu bola, delapan buah bekel dengan warna berbeda dan 10 bekel dengan warna kuning.

 

  1. Yoyo

Mainan Yoyo tradisional berbeda dengan Yoyo dijaman sekarang ini. dulu Yoyo dibuat dari bahan kayu dan memiliki pegangan dari kulit. Sedangkan untuk Yoyo saat ini kebanyakan terbuat dari bahan plastik dan dilengkapi dengan lampu sehingga pada saat diputar bisa menyala.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *