Cara Menanam Pohon Kurma Yang Paling Tepat

kampung kurma

Pohon kurma sudah menjadi tanaman yang mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Di Bogor, ada beberapa perkebunan kurma yang ditanam dengan konsep agrowisata. Daerah lain di Indonesia juga sudah memulainya, seperti Aceh, Pasuruan, Bekasi dan sebagainya.

Banyak diantara kita sebagai petani juga menginginkan lahannya ditanami bibit kurma agar lebih produktif. Akan tetapi jarang yang punya skill dan knowledge terhadap cara penanaman pohon kurma itu sendiri. Jangan-jangan alih-alih kita panen kurma, justru malah merugi.

Baca Juga: Kampung Kurma Cirebon

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba budidaya pohon kurma, bisa dicoba tips dan cara menanam pohon kurma yang tepat berikut ini:

1. Perhatikan Jarak Tanam

Sebenarnya menanam pohon apapun harus anda perhatikan jarak tanamnya agar maksimal pertumbuhannya. Tapi di kurma, jarak antar pohonnya sudah ada aturannya. Untuk penanaman skala perkebunan yang luas membutuhkan jarak antar pohon sejauh 10 x 10 meter.

Untuk jarak tanam skala rumah tangga bisa paling minimal 8 x 8 meter. Pengaturan jarak tersebut dimaksudkan agar satu pohon tidak tumpang tindih sehingga bisa menyebabkan kurangnya asupan cahaya matahari satu sama lain. Begitu juga dengan ketersediaan unsur hara dan air dalam tanahnya.

2. Lubang tanam harus tepat

Jika jarak telah kita tentukan dan beri tanda maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membuat lubang tanam agar tepat. Lubang tanam yang tepat adalah 1 meter x 1 meter x 60 cm. Memang sangat lebar untuk ukuran pohon kurma yang di tanam masih kecil.

Ukuran lubang yang lebar juga mempunyai tujuan, yaitu agar unsur hara lebih banyak dan ph tanah di sekitar akar lebih normal. Lubang yang besar itu sebelum ditanami pohon kurma juga harus dicampur media tanam lain yang memiliki kandungan hara lebih tinggi.

Demikian dua hal penting yang perlu diketahui untuk menanam pohon kurma dengan baik dan benar. Mengenai langkah-langkahnya insya Allah akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat Anda yang sedang galau ingin menanam pohon kurma tapi tidak mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *