Penyebab Ruam Di selangkangan

Kulit area selangkangan rentan terhadap berbagai jenis ruam. Karena area ini tetap hangat dan lembab sepanjang waktu, ini menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup jamur, bakteri, ragi, dll. Gejala ruam selangkangan ringan sampai parah yang sering disertai dengan memerahnya kulit ( umumnya pada kedua sisi selangkangan). Terkadang, kulit juga bisa terkelupas. Dapat terjadi pada pria, wanita, anak-anak, dan bahkan bayi.

Beberapa penyebab ruam di selangkangan adalah ringan sementara beberapa lainnya bisa sangat serius. Infeksi jamur di daerah selangkangan adalah salah satu masalah utama. Infeksi jamur ini sering disebut sebagai gatal atlet. Ruam semacam ini jika tidak ditangani, dapat menyebar ke area lain, seperti bokong dan kaki.

Pria memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi ini dibandingkan dengan wanita. Erythrasma adalah bentuk infeksi bakteri yang menimbulkan ruam yang berwarna agak kecoklatan. Ruam gatal dekat selangkangan sering muncul karena infeksi ragi juga. Baca juga : Ubat Gatal Celah Kelangkang

Kulit di daerah selangkangan sangat sensitif dan mungkin menunjukkan reaksi alergi ketika terkena bahan kimia tertentu yang ada di deterjen, sabun, deodoran, dan lateks yang digunakan dalam kondom. Kondisi serius lainnya yang mengarah ke ruam pangkal paha adalah psoriasis, herpes genital, kutil kelamin, dan kutu kemaluan.

Beberapa penyebabnya tidak begitu parah. Mengenakan pakaian ketat menyebabkan banyak gesekan di daerah selangkangan, yang pada gilirannya menghasilkan banyak panas. Panas dan keringat yang terperangkap di daerah itu menyebabkan munculnya ruam kulit. Baca juga: Kurap Di Celah Kelangkang

Jika area selangkangan dicukur, maka biasanya bercak-bercak atau benjolan seperti pisau cukur akan muncul. Bayi dan orang tua yang menggunakan popok sering mengalami ruam popok. Jika popok tidak berubah pada waktu yang tepat dan area tidak dibersihkan dengan benar, maka ruam popok dapat terjadi. Bahan yang digunakan di popok juga dapat dianggap bertanggung jawab untuk ini.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *