LED Driver Miniaturization – Membuka Peluang Baru untuk Pencahayaan Solid State

Kemanjuran LED telah meningkatkan banyak kali lipat dan melihat erosi harga yang setara selama dekade terakhir dan akan terus berlanjut. Kemanjuran yang meningkat telah menyebabkan berkurangnya daya disipasi dan karenanya, mengurangi kebutuhan untuk pendinginan. Semua mengarah ke luminair yang lebih kecil dengan kebebasan desain yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah. Driver LED yang diperlukan untuk memasok dan mengendalikan LED, bagaimanapun, tidak melihat perbaikan besar yang sama.

Pertama, ukuran dan bentuk faktor driver LED ditetapkan oleh komponen yang diperlukan seperti elemen penyimpanan energi pasif (induktor dan kapasitor). Kedua, usia terbatas komponen yang diperlukan membatasi masa pakai dan keandalan driver LED, menyebabkan mereka menjadi alasan utama untuk kegagalan sistem LED – dan sering lebih awal dari yang diharapkan pengguna. Ketiga, sementara biaya driver LED telah menurun dengan volume, pengurangan biaya lebih lanjut dibatasi oleh bahan baku untuk komponen tradisional seperti tembaga. Inovasi baru diperlukan untuk driver LED untuk mengejar perkembangan LED dan memenuhi persyaratan pasar.

Nilai, ukuran dan harga komponen pasif dalam skala driver LED berbanding terbalik dengan frekuensi switching, dan peningkatan frekuensi switching yang dramatis akan menyebabkan kepadatan daya yang sangat meningkat dan biaya berkurang. Manfaat dari konsep ini sudah dikenal dan sama-sama masalah. Seperti dijelaskan di bawah ini, peningkatan frekuensi switching menghasilkan kerugian switching yang parah yang merusak efisiensi dan menyebabkan kegagalan sistem untuk Switch-Mode Power Supplies (SMPSs).

Teknologi Catu Daya Tradisional
Catu daya switch-mode pertama dikembangkan pada awal tahun 1970 dan sejak itu menjadi standar pasar untuk catu daya dan driver LED. Efisiensi dan kepadatan daya pasokan listrik telah meningkat selama 40 tahun R & D dan sejak itu, telah mencapai kinerja yang lebih baik karena teknologi telah matang dan komponen telah dioptimalkan. Namun, kecepatan peningkatan telah sangat berkurang.

Untuk tingkat daya sebagian besar driver LED, beberapa hasil terbaik yang dipublikasikan adalah efisiensi sekitar 95% dan kerapatan daya 0,88 W / cm3. Hasil ini dicapai di laboratorium dengan lingkungan yang terkendali dan tanpa fokus pada biaya. Untuk produk komersial, efisiensi dan kepadatan daya yang lebih rendah diterima untuk menekan biaya.

Beberapa pasokan daya terkecil di pasar massal adalah pengisi daya laptop batu gula Apple yang terkenal. Kepadatan daya dari versi 60 W adalah 0,59 W / cm. (termasuk casing dan plug) dan efisiensinya 90%. led lampu jalan Untuk pengisi daya USB, efisiensi dan kerapatan daya lebih rendah dengan efisiensi sekitar 75% dan kerapatan daya sekitar 0,31 W / cm3. Tren yang sama berlaku untuk driver LED dengan varians tergantung pada tingkat daya, spesifikasi, kinerja dan harga. Penurunan efisiensi dan kepadatan daya pada tingkat daya yang lebih rendah sebagian karena casing, plug, kontrol, start-up, perlindungan dan sirkuit rumah tangga lainnya tidak bergantung pada tingkat daya, dan sebagian karena trade-off dengan harga. Ketika tingkat daya meningkat, efisiensi menjadi lebih penting dan kenaikan harga umumnya lebih dapat diterima dengan peningkatan efisiensi.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *