Ternyata BTS Sekitar Bromo Pakai Genset Portabel

KOMPAS.com – Untuk menyelesaikan putusnya pasokan listrik ke menara base transceiver station (BTS) di sekitar Gunung Bromo, operator telekomunikasi mulai memanfaatkan sumber pilihan. PT XL Axiata, semisal, mengaplikasikan genset portable di sekitar Kabupaten Probolinggo. Vice President Regional Timur XL, Djunaedy Hermawanto, di Surabaya, Senin (3/1/2011) mengatakan, dikala ini pasokan listrik dari PLN ke BTS terganggu, sesudah kabel listrik terputus dan tiang-tiang listrik runtuh terkena abu vulkanik Bromo.

“Situasi di sekitar wilayah Gunung Bromo benar-benar berat, tapi kami konsisten bersepakat untuk terus menjaga BTS konsisten menyala dan melayani pelanggan,” katanya. Dia mengatakan, dalam keadaan petaka seperti di sekitar Gunung Bromo, layanan komunikasi menjadi amat penting bagi masyarakat, aparat pemerintah, petugas ataupun relawan bantuan. BTS terdekat yang dimiliki XL berada di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo yang berjarak sekitar tiga kilometer dari kawah Gunung Bromo.

“Teknisi kami terus berjaga-jaga dan menentukan BTS konsisten menyala, walaupun hujan abu vulkanik pun pasir juga menghempas dan membebani bangunan shelter BTS,” kata Djunaedy. Berdasarkan dia, sejumlah rumah di sekitar shelter BTS menonjol runtuh sebab tak kuat membendung tumpukan abu vulkanik dan pasir yang menimpa atapnya.”Kami dapat menentukan bahwa BTS XL yang berada di sekitar wilayah Gunung Bromo, adalah satu-satunya yang masih in service sampai dikala ini,” tambahnya.

Kecuali menentukan jaringan konsisten lancar, XL juga terus menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi warga sekitar Gunung Bromo, seperti obat-obatan dan masker. Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo sudah menginstruksikan pengosongan rumah warga di Kabupaten Probolinggo yang tertimbun abu vulkanik pengaruh letusan Gunung Bromo.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *