Ayo Siapkan Tas Siaga!

Pertengahan Desember 2017, beberapa pulau di Indonesia alami gempa bumi karena pergeseran lempeng. Satu diantara yang cukup besar yaitu gempa dengan besaran 6, 9 SR dengan pusat gempa di laut selatan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ayo Siapkan Tas Siaga!
Ayo Siapkan Tas Siaga!

Dengan taraf sebesar itu, guncangan hebat berlangsung sampai hampiri daerah di sekelilingnya. Getarannya merasa oleh beberapa warga Kota bandung yang belum juga terlelap pada Jumat malam itu.

”Saat gempa awal, aku tidak merasakannya karna telah tidur. Tapi saat ada gempa susulan saat pagi hari, aku pernah cemas. Tidak terpikir mesti bagaimana, pokoknya selekasnya gendong anak lantas lari keluar tempat tinggal, ” tutur Dewi (32).

Ia tengah temani anaknya ikuti aktivitas Pahlawan Bencana. Ibu dua anak itu juga mengerti pengetahuannya tentang siaga bencana begitu minim. Dari acara ini, Dewi memperoleh banyak info serta pengetahuan mengenai bencana. Salah satu­nya, perlunya mempersiapkan tas siaga.

Apa isi tas siaga?

Tas siaga yaitu tas yang diisi bebrapa keperluan basic yang dibutuhkan waktu hadapi bencana. Menurut Yeba serta Ina dari Sadagori Response Tim, tas yang dipakai memiliki bahan tahan air. Dapat pakai type daypack atau tas gendong. Tas itu berisikan alat kesehatan serta kebersihan seperti makanan siap makan, air mineral, kotak P3K, tisu basah, tisu kering, dan peralatan mandi.

Sediakan juga baju seperti selimut, jaket, pakaian ganti, jas hujan, masker, sepatu bot, serta sarung tangan karet. Alat info seperti telefon seluler, radio, serta peta juga ditambahkan. Tidak lupa bawa dan aset bernilai seperti dokumen perlu, kunci cadangan, serta uang tunai seperlunya. Sertakan juga alat pendukung seperti alat beribadah, senter, serta peluit.

Menurutnya, sekarang ini telah ada selimut serta kantung tidur yang praktis serta umum dipakai untuk kedaruratan. Terbuat berbahan yang enteng serta bisa dilipat begitu kecil. Minimum, disediakan untuk bertahan sepanjang tiga hari. Alangkah tambah baik bila disediakan mulai sejak saat ini, supaya siapa juga lebih siap apabila bencana berlangsung.

Demikian artikel dari saya semoga mampu bermanfaat buat kamu semua, jangan sampai lewatkan up-date terbaru artikel saya, terus-menerus dukung saya lewat langkah rajin membaca juga mendatangi artikel saya, bila ada salah aku mohon maaf, sekianlah terimakasih.

Sumber : hargatas


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *