Menunggu Pidato Trump, Rupiah Melemah Tipis

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. Ketakutan akan pidato Trump saat pelantikan menekan nilai tukar rupiah.

Mengutip Bloomberg, Selasa (17/1/2017), rupiah di buka di angka 13. 365 per dolar AS, tidak berlainan jauh dengan penutupan perdagangan terlebih dulu yang berada di angka 13. 362 per dolar AS.

Mulai sejak pagi sampai siang ini, rupiah ada di kisaran 13. 327 per dolar AS sampai 13. 383 per dolar AS. Bila dihitung mulai sejak awal th., rupiah masih tetap menguat 1 %.

Sedang berdasar pada Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dibanderol di angka 13. 381 per dolar AS. Patokan pad ahari ini melemah bila dibanding dengan satu hari terlebih dulu yang berada di angka 13. 354 per dolar AS.

Aktor pasar masih tetap menanti kebijakan yang juga akan di ambil oleh Donald Trump sesudah dilantik jadi presiden AS pada tgl 20 Januari kelak.

Dalam kampanyenya, Trump menjanjikan banyak insentif untuk mendorong perkembangan ekonomi seperti juga akan turunkan pajak dan lakukan pembangunan infrastruktur.

Tetapi sebagian kebijakan Trump juga dilihat juga akan memengaruhi ekonomi dunia. Misalnya yaitu gagasan pemberian pajak import yang besar untuk produsen mobil bila tidak lakukan ekspansi di AS.

Baca juga: kurs dollar hari ini

” Ada sedikit kekhawatiran mendekati pelantukan Trump serta sekarang ini sebagian investor tengah tidak ambil tempat, ” terang Direktur Eksekutif Peak Asset Management LLC, Niv Dagan.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta menerangkan, rupiah bergerak melemah pada perdagangan tempo hari meskipun data neraca perdagangan tunjukkan surplus.

Pelemahan rupiah karna kecemasan efek jelek dari pidato pelantikan Trump. ” Kurs beda di negara berkembang juga melemah pada dolar AS disertai pelemahan harga saham, ‘ papar dia.

Hari ini rupiah berpeluang tetaplah melemah meskipun diprediksikan cuma temporer. Konsentrasi aktor pasar berpindah ke RDG BI yang juga akan diambil kesimpulan Kamis.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *