Merawat Tanaman Hias Apartemen Supaya Tumbuh Subur

Jika Anda sewa apartemen di Surabaya atau di kota-kota besar lainnya, luas unit apartemen yang Anda dapatkan pasti tidak akan terlalu luas. Apartemen memang identik dengan hunian yang memiliki lahan terbatas. Salah satu resiko dari tinggal di tempat yang luasnya terbatas adalah mendapatkan kualitas udara yang buruk yang dikarenakan karena ventilasi udara terbatas. Untuk menyiasati hal ini, para penghuni apartemen banyak memasukkan tanaman ke dalam ruang apartemennya.

Tanaman memang bisa membuat udara di apartemen menjadi lebih bersih sehingga kesan sumpek hilang. Namun, memelihara tanaman di apartemen tidak semudah jika dilakukan di rumah biasa. Bagi Anda yang tetap ingin memelihara tanaman di apartemen, berikut ini ada beberapa tips cara merawat tanaman hias di dalam apartemen sehingga tanaman tetap tumbuh subur.

  1. Pilih Jenis Tanaman yang Ukurannya Kecil

Salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan jenis tanaman. Pilihlah jenis tanaman yang tepat untuk apartemen. Biasanya, jenis tanaman-tanaman yang cocok untuk dipelihara di apartemen adalah jenis tanaman yang ukurannya cenderung kecil hingga medium sehingga tidak memakan banyak tempat.

 

  1. Pilih Jenis Tanaman yang Tidak Butuh Banyak Sinar Matahari

Selain itu, jenis tanaman yang cocok untuk apartemen adalah yang ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Contoh-contoh jenis tanaman yang dirasa tepat untuk apartemen antara lain adalah: lidah mertua, lidah buaya, dan African violet. Pemilihan jenis tanaman yang tepat akan membuat ruangan apartemen Anda semakin indah, udaranya bersih, namun tidak terkesan sempit. Hal ini tentu membantu jika Anda sewa apartemen di Surabaya murah yang luas ruangannya sangat terbatas.

 

  1. Tempatkan pada Jendela Terbuka

Meski jenis tanaman ada yang tidak begitu butuh sinar matahari, namun alangkah baiknya agar kesuburan dan pertumbuhan tanaman di dalam apartemen terjaga, tempatkanlah koleksi tanaman-tanaman Anda di dekat jendela terbuka. Hal ini ditujukan agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tanaman juga bisa lebih efektif menghirup karbon dioksida, baik dari luar maupun dalam ruangan apartemen. Meski Anda sewa apartemen di Surabaya murah yang luasnya terbatas, pasti ada jendela yang tersedia dan bisa digunakan untuk area menaruh tanaman.

 

  1. Perhatikan Penyiraman dan Perawatan Tanaman

Tanaman membutuhkan asupan air. Demikian juga tanaman yang disimpan di dalam apartemen. Anda harus tetap menyiram tanaman. Namun, jangan dilakukan secara berlebihan karena membuat tanaman tenggelan dan akhirnya mati. Selain masalah penyiraman, perhatikan juga perawatan tanamannya. Beri pupuk secara rutin dan gunting bagian daun yang menguning dan men gering.

 

  1. Jangan Terlalu Sering Menata Ulang Tanaman

Mungkin Anda akan sering tergoda untuk mengubah dekorasi ruangan agar tidak terkesan sumpek. Tanaman di apartemen Anda pun kemudian ikut-ikutan sering ditata ulang. Jangan terlalu sering melakukan hal ini karena ternyata penataan ulang pada tanaman yang dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan kematian pada tanaman. seperti ketika anda pergi untuk sewa apartemen di surabaya misalnya, disana jenis Tanaman cenderung sangat menempel dengan media tanamnya sehingga jika digeser-geser terlalu sering, tanaman menjadi shock dan akhirnya mati.

Itu dia tadi cara-cara yang bisa dilakukan dalam merawat tanaman di apartemen. Sekarang, meski Anda sewa apartemen di Surabaya dan kota-kota besar lainnya dan mendapatkan unit yang sempit, Anda tetap bisa memelihara tanaman sebagai penambah dekorasi apartemen dan penghilang udara kotor dan kesan sumpek pada apartemen Anda.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *