Layanan Publik AS Tutup Bakal Untungkan Harga Emas

Dolar Amerika Serikat (AS) yang diperkirakan melemah dan ketidakpastian di Washington terkait tutupnya pemerintahan AS atau shutdown akan bayangi laju harga emas pekan ini.

Pada minggu lantas, harga emas pernah ditransaksikan di kisaran US$ 1. 334 atau naik 0, 57 %. Penguatan harga emas waktu itu didukung dolar AS melemah serta mendekati pemerintahan AS yang tutup.

Disamping itu, indeks dolar AS ditransaksikan di kisaran 90, 56. Hal tersebut di pengaruhi partai Republik harus memperoleh voting cukup untuk menyepakati biaya.

Berdasar pada survey Kitco pada aktor pasar, sekitaran 41, 2 % memperkirakan harga emas juga akan naik. Sedang 35, 3 % memperkirakan harga emas bisa kembali turun. 23, 5 % yang lain lihat harga emas juga akan sideway.

Pada minggu lantas, hasil survey tunjukkan bila harga emas juga akan naik. Sampai 61 % aktor pasar yakin harga emas naik. Harga emas untuk pengiriman Februari juga mendatar di kisaran US$ 1. 334, 50 per ounce. Analis prediksikan, satu diantara yang mensupport harga emas yakni dolar AS yang tertekan.

” Pemerintahan AS tutup ini juga akan menghimpit dolar AS serta mensupport harga emas, ” tutur Bart Melek, Kepala Analis TD Securities, seperti diambil dari situs Kitco, Senin (22/1/2018).

Melek memberikan, dianya akan tidak terperanjat apabila harga emas bisa sentuh US$ 1. 357 pada minggu ini. Disamping itu, Direktur Pelaksana RBC Wealth Management George Gero menjelaskan, harga emas juga akan naik bila pemerintahan AS tutup kurun waktu situs. ” Harga emas juga akan naik. Drama di Washington akan tidak selesai, ” tutur dia.

Gero perkiraan, harga emas juga akan sentuh US$ 1. 400 sampai akhir th.. Sedang dalam periode pendek, harga emas juga akan ada di kisaran US$ 1. 325-US$ 1. 350.

Baca juga: kurs dollar hari ini

Senior Market Strategist RJO Futures Philip Streibel menjelaskan desakan baru pada bitcoin akan mendorong harga emas.

” Kita lihat cukup sepi transaksi bitcoin dengan meningkatnya larangan dari Korea Selatan serta China. Bitcoin telah menarik perhatian pasar dari emas saat ini telah berbalik arah kembali pada emas, ” kata dia.

Ia memperkirakan, harga emas juga akan ada di kisaran US$ 1. 350. Diluar itu, ia prediksikan dolar AS melemah juga jadi katalis positif untuk harga emas. ” Indeks dolar AS tidak sering ke level 90, serta juga akan mulai tertekan, ini membantu harga emas, ” tutur Streible.

Sedang Ekonom CIBC World Market Nick Exarhos memperkirakan, dolar AS cuma sedikit tertekan didorong positifnya reformasi pajak serta pasar saham menguat. Ini bisa mendorong dolar AS kembali menguat. ” Walau demikian ini jadi sentimen negatif untuk harga emas, ” tutur Nick.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *