Warung-Warung Gudeg Paling Populer di Jogja

3 hari tour jogja

Sebagai kota gudeg, Jogja merupakan gudangnya gudeg. Hampir di setiap kawasan di Jogja terdapat warung atau rumah makan yang menawarkan menu ini. Masyarakat pun bisa menikmati makanan ini dari pagi hingga larut malam karena banyak sekali pedagang yang menjajakannya. Gudeg yang ditawarkan pun beraneka ragam sehingga penikmat kuliner ini bisa mencicip gudeg yang ada baik yang di jual di rumah makan maupun di pinggir trotoar dikala malam hari tiba. Dari sedemikian banyak rumah makan yang menjual gudeg terdapat beberapa yang sangat populer. Apa saja gudeg-gudeg yang populer di Jogja. Berikut kami rangkumkan untuk Anda:

  1. Gudeg Yu Jum

Gudeg Yu Jum merupakan gudeg paling populer di Jogja. Bayak sekali warungnya di Jogja bahkan yang masih berhubungan satu sama lainnya. Masyarakat umum yang tidak paham biasanya tahunya hanya Gudeg Yu Jum. Hal tersebut menandakan betapa populernya gudeg satu ini. Gudeg yang telah diwariskan turun temurun selama 4 generasi ini selalu diincar oleh para pengunjung. Wisatawan yang datang ke Jogja pun pasti ingin mencicipinya. Ciri khas gudeg ini adalah rasa manis dan gurih. Banyaknya cabang membuat wisatawan mudah mencarinya.

  1. Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad

Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad adalah gudeg yang populer selanjutnya di Jogja adalah. Warung gudeg ini telah berdiri dari tahun 1950 dan tetap bisa bertahan hingga era sekarang yang menandakan gudeg ini memiliki pengemarnya. Berbeda dengan Gudeg Yu Jum, Gudeg Bu Ahmad agak basah dengan krecek yang tidak pedas dan ayamnya yang empuk dan enak. Banyak wisatawan yang minta di antar ke Gudeg Mbarek Bu Hj. Ahmad yang memiliki slogan “Terkenal Karena Rasanya” ini.

  1. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg yang populer dan telah bertahan puluhan tahu adalah Gudeg Bu Tjitro. Gudeg ini berdiri sejak tahun 1925. Gudeg Bu Tjitro sangat terkenal di kalangan penyuka gudeg kering. Keunikan dari gudeg ini adalah penyajiannya yang dihidangkan bersama dengan buntil daun pepaya, sambal krecek, dan juga tempe. Lauk pendamping  dari gudeg ini berupa opor ayam dan telur dan jangan lupa sambal. Karena mampu menampung hingga 300 orang tamu membuat banyak travel yang memilih tempat ini untuk menjamu tamunya.

  1. Gudeg Pawon

Gudeg berikutnya yang sangat populer dan saat ini diincaran para penikmat kuliner adalah Gudeg Pawon. Warung gudeg ini menarik perhatian banyak pihak karena buka di malam hari dan menyantapnya pun bukan di ruang makan tapi di dalam pawon atau dapur. Dibanding gudeg lainnya, Gudeg Pawon cenderung basah dan lebih gurih dan pedas. Warung gudeg ini mulai buka jam 22.00 dan biasanya sudah habis 23.00 karena banyak sekali penikmatnya – 3 hari tour jogja.

Demikan infoemasi tentang warung-warung gudeg yang populer di Jogja. Masih banyak warung-warung gudeg lainnya yang ada akan kami bahas di lain kesempatan. Semoga artikel di atas dapat menjadi referensi saat akan mencicipi gudeg waktu berlibur di Jogja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *