5 Langkah Cara Membuat Kopi Enak dan Nikmat di Pagi Hari

Cara Membuat Kopi Yang Enak – Siapa yang tidak suka mengawali pagi hari dengan secangkir kopi? Kebanyakan orang sangat mengemari minuman yang terbuat dari ekstraksi biji tanaman kopi yang sudah ditemukan sejak abad ke 80 SM ini. Hobi meminum kopi ternyata juga memiliki banyak manfaat mulai dari mencegah penyakit, meningkatkan stamina, hingga untuk kecantikan. Banyak diantara penikmat kopi yang memilih berburu di kafe atau kedai kopi yang memasang harga mahal. Hal tersebut tentu boleh saja, namun jika Anda dapat menikmati kopi dengan kualitas nikmat kapanpun tanpa perlu pergi ke kafe dan mengeluarkan uang, kenapa Anda tidak mencoba membuat kopi nikmat sendiri dirumah?

Cara Membuat Kopi Yang Enak

Berikut merupakan solusi bagi Anda yaitu 5 langkah sederhana cara membuat kopi enak dan nikmat di pagi hari untuk mengawali hari Anda.

  1. Pilihlah biji kopi segar

Pertama Anda harus mempersiapkan bahan utama yaitu biji kopi. Terdapat beberapa macam jenis biji kopi yang dapat Anda pilih, mulai dari biji kopi arabika, biji kopi robusta, biji kopi liberika, hingga biji kopi luwak. Anda dapat memilih sesuai dengan selera. Untuk menghasilkan kopi yang segar dan nikmat, sangat direkomendasikan untuk memilih biji kopi yang segar. Biji kopi segar merupakan biji kopi yang baru melalui proses roasting (sangrai), jangan memilih biji kopi sangrai yang sudah dibiarkan lama lebih dari 2 minggu karena akan mengurangi cita rasa kesegaran dan aroma dari kopi. Lebih sempurna lagi jika memilih biji kopi sangrai yang masih segar langsung dari proses penggilingan dan segera diproses menjadi minuman kopi.

  1. Persiapkan peralatan seduh dan air panas

Langkah kedua, Anda harus mempersiapkan peralatan seduh dan air panas untuk menyeduh bubuk kopi. Peralatan seduh berupa gelas, sendok pengaduk, dan teko untuk menuang air panas. Untuk gelas yang digunakan sebaiknya menggunakan cangkir yang terbuat dari keramik, karena hal ini dapat memperkuat aroma dan cita rasa dari kopi yang diseduh. Namun, jika tidak ada Anda dapat menggunakan gelas kaca. Hindari menggunakan gelas plastik karena selain tidak baik untuk kesehatan, gelas plastik juga akan mengurangi rasa sedap pada aroma kopi yang diseduh.

Secangkir kopi yang nikmat, selain dibuat dari biji kopi pilihan berkualitas juga ditentukan dari kualitas air yang digunakan untuk menyeduh. Langkah awal, pastikan air yang digunakan memenuhi standar air sehat yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Kemudian pastikan air yang digunakan untuk menyeduh kopi benar-benar telah mendidih sempurna ketika proses perebusan.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Kopi Susu Yang Enak di Pagi Hari

  1. Perhatikan komposisi kopi, gula, dan air

Jangan meremehkan komposisi pada kopi, gula pasir dan air dalam secangkir kopi, karena ketiga kompisisi itu sangat berpengaruh pada cita rasa kopi. Jika air yang digunakan terlalu banyak akan membuat kopi menjadi encer, jika gula yang terlalu banyak akan membunuh rasa alami biji kopi pada secangkir kopi yang diseduh. Kompoisi kopi yang tepat yaitu pada umumnya menggunakan perbandingan kopi dan air yang dipakai adalah 1:5. Perbandingan tersebut memiliki makna yaitu satu bagian kopi yang digunakan untuk 15 bagian air. Sedangkan untuk perbandingan kopi dan gula yang ideal adalah 1 bagian kopi untuk 1,5 hingga 2 bagian gula. Perbandingan tersebut akan membuat seduhan kopi memiliki rasa nikmat.

Itulah sekilas tentang cara membuat kopi yang enak di pagi hari, selamat mencoba.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *