Ini 4 Fungsi Lidah Buaya yang Belum Diketahui Umum

Tanaman lidah buaya selain membantu mempercantik teras dan halaman rumah ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Maka tidak rugi menanamnya di rumah baik di pot maupun langsung di halaman depan, mengingat fungsi lidah buaya ini bagi tubuh lumayan berlimpah. Cobalah untuk menanamnya sendiri sehingga kalau memang butuh tinggal ambil saja tanpa perlu mencari, membeli, ataupun meminta kepada tetangga yang kebetulan punya.

Sebagai salah satu tanaman hias, lidah buaya tampil cantik membentuk lingkaran dengan duri lunak di sekujur tubuhnya. Uniknya tanaman ini tidak memiliki bunga dan satu-satunya modal keanggunannya adalah daunnya sendiri yang tebal dan berair. Daun tebal dan berair inilah yang diketahui mengandung banyak nutrisi penting tidak heran sudah dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan sejak dulu kala. Anda bisa dengan mudah memakainya untuk perawatan rambut maupun kulit bahkan aman untuk dikonsumsi.

Manfaat dan Fungsi Menarik Lidah Buaya (Aloe Vera)

Kini tidak sulit menemukan penjual es dari bahan lidah buaya, namun tidak asal diambil dan dipotong-potong kemudian disajikan. Daging lidah buaya perlu diolah dulu supaya aman dan enak saat disantap, dan manfaat berikut akan didapatkan:

  1. Membantu merawat kesehatan rambut dan kulit,

Daging lidah buaya bisa dipergunakan untuk merawat kesehatan rambut dan juga kulit, bahkan efektif mempercepat pertumbuhan akar rambut supaya lebat dan sehat. Selain itu bisa merawat kesehatan kulit karena kalau dioleskan bisa mempercepat penyembuhan luka, mengatasi kulit kering, mengatasi jerawat, dan mengatasi kulit yang terbakar matahari.

  1. Efektif untuk mencegah penuaan dini,

Ketika lidah buaya dibelah akan mendapati daging yang lembek dan berair sekaligus transparan seperti jeli. Dalam daging tanaman ini ditemukan kandungan kolagen sehingga ketika dikonsumsi secara rutin akan membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Kolagen juga efektif menjaga kekencangan kulit maka tidak heran jika salah satu fungsi dari lidah buaya yang terbaik adalah membuat awet muda. Jadi tidak perlu perawatan mahal untuk melawan keriput.

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh,

Kandungan lidah buaya yang tidak hanya kaya kolagen dan serat, ternyata juga efektif membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral. Vitamin maupun mineral ini masuk ke tubuh bersama makanan maupun suplemen yang dikonsumsi secara rutin. Hasilnya tubuh akan lebih bertenaga sehingga kekebalan tubuh meningkat, maka jangan heran kalau lebih kebal terhadap gangguan kesehatan. Bagi yang sering mengeluh tidak enak badan saat pergantian musim bisa mengkonsumsi lidah buaya ini.

  1. Cocok untuk mengatasi plak di gigi,

Plak pada gigi merupakan masalah umum dan untuk mengatasinya perlu rutin ke dokter gigi atau dicegah dengan memakai obat kumur. Sayangnya obat kumur di pasaran tidak selalu aman dipakai jangka panjang karena mengandung unsur kimia. Tentunya ada resiko mengalami kanker mulut, maka ganti dengan mengkonsumsi jus lidah buaya. Kandungan zat penting di dalam daging lidah buaya efektif membersihkan sekaligus mencegah plak membandel pada gigi.

Sehat bersama lidah buaya adalah pilihan yang menarik untuk diambil, selain murah juga terbilang mudah apalagi tanaman lidah buaya mudah dibudidayakan. Sebab termasuk tanaman hias bandel sehingga cocok untuk semua daerah tidak peduli iklimnya seperti apa. setiap kali hendak memanfaatkan lidah buaya baik sebagai masker wajah atau diolah menjadi makanan dan minuman. Baiknya cuci dulu dengan Sunlight agar benar-benar bersih maksimal, fungsi lidah buaya pun bisa diserap dengan baik.

Sumber : http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/1259698/ragam-manfaat-fungsi-dan-kasiat-lidah-buaya-atau-aloe-vera


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *