Pentingnya oksigen untuk Kesehatan Manusia

oksigen untuk kesehatan

 

Peran Oksigen dalam Tubuh Manusia

 

Peran oksigen dalam mempertahankan kehidupan bumi tidak bisa terlalu ditekankan sedemikian rupa sehingga kehidupan tidak dapat ada jika tidak ada oksigen. Tubuh manusia mengandung sekitar dua pertiga oksigen. Melalui respirasi, gas diangkut ke paru-paru dan diserap ke dalam aliran darah di paru-paru. Setelah itu, ia mencapai setiap sel dalam tubuh. Unsur reaktif bertanggung jawab atas proses pernapasan dan metabolisme pada organisme hidup.

Dikatakan bahwa hanya sel hidup yang tidak membutuhkan oksigen adalah bakteri anaerob. Mereka mendapatkan energinya dari proses metabolisme lainnya. Proses enzimatis kompleks terlibat dalam oksidasi senyawa nutrisi di dalam sel kita. Oksigen membakar makanan yang melepaskan energi. Sangat penting bahwa oksigen hadir dalam proporsi yang tepat di dalam tubuh untuk mendukung respirasi sel. Elemen non-logam penting untuk memicu dan mempertahankan metabolisme energi organisme hidup. Hidup adalah tempat di mana semua aktivitas biokimia disebut metabolisme terjadi.

 

Metabolisme bertanggung jawab atas semua perubahan dalam tubuh manusia – fisik dan kimia. Ini menggantikan jaringan lama dengan yang baru, mengubah makanan menjadi energi dan membuang bahan buangan. Hal ini juga bertanggung jawab untuk reproduksi. Padahal, semua aktivitas yang memungkinkan kehidupan ada terjadi karena metabolisme. Oksigen molekul sangat penting untuk respirasi seluler pada semua organisme aerobik. Dikatakan bahwa satu liter darah memiliki kapasitas untuk melarutkan 200 cc gas oksigen, yang secara signifikan lebih tinggi daripada kapasitas air untuk melarutkan oksigen.

 

Oksigen diangkut melalui darah ke jaringan tubuh yang membutuhkan oksigen dan dikombinasikan dengan enzim (monooxygenase). Enzim ini menggunakan oksigen sebagai katalisator untuk berbagai reaksi oksidasi dalam tubuh (metabolisme). Karbon dioksida dilepaskan dari sel dan dibawa kembali ke paru-paru melalui darah. Proses ini terus berulang. Meskipun oksigen sangat penting untuk kehidupan dan bertanggung jawab atas oksidasi atau pembakaran makanan untuk menghasilkan energi dan panas bagi tubuh kita, namun juga terdapat pada beberapa jenis molekul oksigen yang diubah yang disebut Radikal Bebas, yang selalu ada di tubuh kita. Mereka merusak sel mereka sendiri sehingga menyebabkan degenerasi dan penyakit seperti kanker. Ada banyak makalah penelitian yang mengutip produksi radikal bebas sebagai penyebab utama penuaan.

Dikatakan dari website ini bahwa Anda setua sel Anda. Dengan menggunakan antioksidan khusus, adalah mungkin untuk mencapai peremajaan seluler, perpanjangan hidup dan peningkatan vitalitas. Ini akan membuat sel Anda terlihat terlalu muda.

sumber : http://jual-alkes.com/tabung-oksigen-kecil-lengkap-1m.html


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *