2 jenis senam yang mempunyai banyak manfaat

Tubuh yang sehat dapat tercipta dari pola hidup yang baik seperti tidur cukup teratur, makan teratur, serta menghindari kebiasaan yang buruk misalnya sering bergadang, merokok dan minum minuman keras. Selain kebiasaan baik serta menghindari kebiasaan buruk, olahraga juga perlu dilakukan guna mendapatkan tubuh yang sehat.

Berbicara masalah olahraga pasti yang terpikirkan oleh banyak orang adalah lari, push up maupun jogging. Namun taukah anda selain ketiga olahraga tersebut masih banyak jenis olahraga lain yang mempunyai manfaat masing masing, salah satu contohnya adalah senam yoga. Meskipun terlihat tidak menggunakan tenaga namun senam yoga mempunyai banyak manfaat, dan salah satu manfaatnya adalah meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Selain senam yoga, ada dua jenis senam yang mudah dilakukan namun bisa memberikan manfaat yang luar biasa.

Senam aerobik

Tahukah anda bahwa semua aktivitas yang dilakukan seseorang menggunakan oksigen guna membakar kalori dalam tubuh untuk memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung dapat disebut dengan olahraga aerobik. Namun masyarakat banyak yang menyebut bahwa aerobik adalah senam, senam aerobik merupakan gerakan yang mengaktifkan otot otot pada tubuh, banyak manfaat yang dihasilkan dari senam yang satu ini.

Meskipun olahraga baik untuk kesehatan namun tidak boleh dilakukan secara berlebihan, seperti halnya senam aerobik. Menurut para ahli melakukan olahraga senam aerobik 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat senam aerobik antara lain Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh, menjaga agar berat tubuh tetap ideal, membuat tubuh kita tidak mudah lelah, mengurangi resiko terkena osteoporosis.

 

Senam kegel

 

Selain senam aerobik ternyata senam kegel juga mudah dilakukan dan mempunyai banyak manfaat. Senam ini dilakukan untuk melatih otot panggul bawah. Banyak manfaat yang bisa didapat dari senam yang satu ini bagi pria maupun wanita, bagi wanita senam kegel bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan. Dan bagi pria senam kegel bermanfaat untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. Bahkan banyak dari ahli medis yang menyarankan pria untuk melakukan senam kegel secara rutin sebagai pengganti obat ejakulasi dini.

Nha itulah 2 jenis senam yang sering dilakukan dan mempunyai banyak manfaat, tentunya harus dilakukan secara tepat dan tidak berlebihan.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *