Bagaimana Cara Mengatur Balasan Otomatis (Out of Office) pada Akun Gmail?

Email untuk berkirim surat

Gmail adalah salah satu layanan email milik Google. Seperti juga produk google lainnya, gmail juga merupakan layanan email yang memimpin pasar di bidang ini. Sebagai layanan google yang terdepan, gmail juga ditengarai merupakan salah satu layanan email paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia maya hingga saat ini. Bahkan mungkin juga sebagian besar dari anda. Bagi anda yang menggunakan gmail untuk urusan pekerjaan, mungkin sudah merasakan berbagai manfaat yang telah ada di gmail. Namun tahukah anda bahwa anda juga dapat melakukan set up pada email anda agar gmail dapat secara otomatis membalas pesan rekan rekan kerja anda saat anda sedang ingin beristirahat dan cuti dari pekerjaan anda

Ya, gmail memiliki fitur tersendiri yang memungkinkan anda untuk mengirimkan pesan balasan yang dapat anda setel sendiri pada saat anda ingin beristirahat dari pekerjaan. Gmail menyebut fitur ini dengan sebutan atau nama Out of office. Untuk dapat menggunakan fitur ini, anda dapat mengaturnya pada menu setting yang ada di kanan atas di bawah foto profil anda. Pilih setting, kemudian pada tab general, anda scroll ke bawah dan perhatikan pada Vacation Responder. Secara default, gmail akan memasangnya pada pilihan “Vacation responder off”, jika anda ingin gmail untuk membalas email masuk saat anda sedang istirahat anda dapat memilih “Vacation responder on”.

See also: cara membuat email baru

Selanjutnya anda dapat mengatur periode yang anda inginkan, tanggal awal dan jika anda belum mengetahui pasti sampai kapan anda berada di luar kantor, sebaiknya anda kosongkan saja field last day. Namun jika anda sudah mengetahui periode anda libur dari kantor, anda dapat mengisikan tanggal akhirnya. Kemudian anda dapat mengisikan subject emailnya, dan isi emailnya dapat anda tuliskan pada field message.

Anda dapat menuliskan pesan yang anda inginkan agar penerima mengetahui bahwa anda sedang tidak ada di tempat atau di kantor. Di bawah kotak pesan, anda akan menemukan kotak checklist. Silakan checklist kotak tersebut jika anda ingin pesan tersebut hanya dikirimkan kepada mereka yang ada di kontak gmail anda, Namun jika tidak, tidak perlu dichecklist. Setelah selesai, anda dapat menyimpan perubahan setelan tersebut dengan mengklik save changes di bagian bawah halaman.

Anda dapat mencobanya untuk memastikan bahwa fitur ini bekerja dengan baik atau tidak. Coba minta teman anda mengirimkan email ke alamat gmail anda tersebut dan cek apakah teman atau rekan anda tersebut menerima balasan email yang sama dengan yang anda tuliskan pada setelan di akun gmail anda. Jika ya, maka fitur ini berhasil dan dapat membantu meringankan beban anda dalam membalas email saat sedang libur kerja.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *