Jenis-jenis Walet Untuk Diternakkan

Orang awam kerap berpikir bahwa walet hanya memiliki satu jenis. Hal itu dikarenakan umumnya mereka hanya fokus terhadap sarangnya saja. Padahal, jenis-jenis walet itu ada banyak sekali. Berbeda jenis tentu kelebihannya pun tak sama. Dari segi ukuran pun walet sangat bervariasi. Bagi Anda yang berniat untuk beternak walet, penting mengetahui macamnya agar dapat menjalankan usaha tersebut secara maksimal dan tidak muncul kebingunan di kemudian hari akibat kurangnya pengetahuan atas dasar-dasar pembiakan walet. Lebih pantang lagi bila Anda sampai tidak bisa membedakan walet dengan Sriti yang memang memiliki karakteristik mirip.

Jenis-jenis walet yang pertama adalah walet sapi atau biasa disebut juga Collocalia Esculenta. Anda pasti mengira jenis walet yang satu ini memiliki karakteristik tubuh bongsor sebagaimana sapi, ya? Anda salah besar apabila berpikir demikian. Justru, walet sapi merupakan jenis yang memiliki sosok paling mungil. Panjangnya hanya 12 sentimeter. Lalu, mengapa disebut walet sapi? Karena mereka memiliki sayap yang sangat besar dan berbanding terbalik dengan bobot tubuhnya sendiri. Panjang sayapnya saja mampu mencapai ukuran 23 sentimeter. Unik, ya? Matanya yang berwarna cokelat gelap menjadi salah satu ciri khasnya.

jenis jenis walet

Walet besar alias Collocacia Gigas merupakan jenis-jenis walet selanjutnya yang perlu Anda ketahui. Panjang walet ini bisa mencapai 20 sentimeter dan memiliki tubuh bagian bawah yang lebih kecil dibandingkan dengan bagian atasnya. Kalau diibaratkan ukuran tubuh manusia sih, karakteristiknya mirip pemilik bentuk tubuh Apel. Selanjutnya adalah walet gunung atau Collocalia Vanikorensis. Sesuai namanya, mereka berdomisili di gunung dan sarangnya tidak dapat dikonsumsi karena terbuat dari rerumputan sekitar habitatnya dengan sedikit sekali tambahan air liurnya. Sebab itu pula populasinya pun menjadi yang terbesar karena sama sekali tidak diburu. Panjang tubuhnya dapat mencapai ukuran 16 sentimeter.

Kemudian yang terakhir dari jenis-jenis walet yang juga di jual di website dina-n-brian.com tak lain adalah walet sarang putih dengan nama latin Collocalia Fuciphagus. Jenis ini banyak dijumpai di daratan Cina dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Merupakan jenis yang paling populer dan menjadi komoditas utama penghasil sarang walet yang dibentuknya melalui air liur. Populasinya menyebar di berbagai pulau seluruh Indonesia dengan habitat asli di dalam gua. Mereka menyukai tempat yang gelap dan lembap. Walet sarang putih merupakan jenis yang menghasilkan sarang walet kualitas terbaik, sehingga tidak heran para peternak berusaha keras mendapatkan walet satu ini. Berburu langsung di habitatnya memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan kualitas yang terbaik. Namun, mendatangi gua-gua bukanlah hal yang mudah dilakukan, terlebih bagi yang tidak berpengalaman justru akan menimbulkan bahaya. Tetapi, Anda yang memang berniat untuk beternak walet, sekarang sudah bisa membeli telur walet yang banyak dijual untuk ditetaskan lalu dikembangbiakkan sendiri.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *