4 Teknik Manual Brewing Kopi yang Terpopuler

Manual Brewing Kopi – Beberapa tahun belakangan ini, kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat. Tak hanya menyasar kelas menengah ke atas saja, melainkan juga masyarakat dari kalangan kelas menengah ke bawah. Terbukti dengan banyaknya kafe atau coffee shop dan kedai kopi yang menyediakan aneka jenis kopi dari kelas standar hingga premium. Dalam teknik penyeduhan kopi, sementara ini baru ada 2 macam cara, yakni dengan mesin (teknik espresso) dan juga teknik manual (manual brewing).

Penyeduhan Manual Brewing Kopi

Manual brewing kopi juga terbagi lagi menjadi beberapa cara penyeduhan, berikut ini 4 di antaranya yang terpopuler:

  • French press.

Untuk melakukan teknik manual brewing ini, Anda akan memerlukan sebuah alat bantu yang berbentuk tabung atau ketel yang tinggi dengan sebuah alat penekan dan saringan terdapat di dalamnya. Cara ini boleh dibilang teknik manual brewing kopi paling mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya tinggal menuangkan air panas dengan suhu dan takaran yang tepat di atas kopi bubuk di dalam tabung/ketel lalu tekan hingga ampasnya tersaring.

  • Hario V60.

Alat yang memiliki sudut kemiringan 60 derajat ini yang membuat nama besar Hario sebagai perusahaan produsen alat seduh kopi dari Jepang melambung. Teknik manual brewing untuk membuat kopi ini adalah dengan meletakkan filter yang sudah dipanasi sebelumnya, lalu masukkan biji kopi yang telah digiling (medium-fine) sebanyak 20 gram ke dalam filter, tuangkan air panas sampai membasahi seluruh bubuk kopi, biarkan selama 10-15 detik dulu (proses blooming) atau sampai muncul gelembung pada bubuk kopi. Baru setelahnya tuangkan sisa air panas dengan perlahan tanpa terputus secara memutar.

Baca Juga : Apa itu Manual Brewing Kopi? Apa Hanya Sebatas Menyeduh Kopi?

  • Chemex.

Chemex dapat menghasilkan 8 cangkir kopi sekaligus dalam sekali seduh. Jadi teknik ini cocok untuk Anda yang ingin ngopi beramai-ramai bersama teman. Tuangkan biji kopi medium fine ke atas kertas filter yang terpasang pada chemex yang berbentuk seperti gelas tabung kimia. Lalu tuang perlahan-lahan air panas, biarkan 10-15 untuk proses blooming kemudian tuang kembali sisanya dengan teknik pour over yang Anda sukai. Lalu seduh kurang lebih selama 4 menit. Baru setelahnya dapat dinikmati.

  • Vietnam drip (kopi Vietnam).

Teknik manual brewing satu ini terbilang unik karena Anda akan membutuhkan waktu setidaknya 15 menit untuk dapat menikmati sajian kopi plus susu kental manis yang bisa disajikan dalam keadaan hangat namun tak kalah nikmat jika disajikan dengan es batu (dingin). Teknik manual brewing kopi yang berasal dari Vietnam ini menggunakan sebuah cangkir khusus yang terbuat dari logam dengan lubang-lubang penyaring di bagian bawah. Setelah proses pre-heat, tuangkan bubuk kopi gilingan kualitas fine dengan air panas ke dalam cangkir filter, letakkan di atas gelas yang sudah diisi dengan susu kental manis. Biarkan menetes semuanya.

 


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *