Rutin Makan Buah Naga Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi dan kalori dua kali lebih banyak di banding dengan orang biasa. Buah dan sayur sangat dianjurkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu dan janin, salah satunya dengan dengan mengkonsumsi buah naga. Manfaat buah naga ini mungkin tidak banyak diketahui masyarakat atau ibu hamil sendiri. Kita dapat dengan mudah menemukan buah naga banyak di jual di toko buah dan supermarket. Selain itu, bentuknya yang unik yang memiliki kulit buah berwarna merah dan bersisik dianggap menyerupai kulit naga serta buah ini sering dikaitkan dengan hokinya orang china.

Buah naga memiliki daging buah yang sangat tebal, rasanya pun sangat enak dan menyegarkan. Buah yang satu ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena buah naga kaya akan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Sumber gambar: http://gambarkata.id/manfaat-buah-naga/

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan ibu hamil, diantaranya yaitu :

  • Untuk Membentukan Sel Darah Merah

Ibu hamil sangat rentan terkena anemia atau kekurangan sel darah merah yang dapat berdampak buruk bagi ibu dan janin. Dalam setiap 100 gram buah naga mengandung 0,65 mg zat besi yang dapat berguna dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk memasok nutrisi dan oksigen bagi ibu hamil.

  • Melancarkan BAB

Kandungan serat dalam buah naga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan bumil, karena pada saat hamil bumil sangat rentan terkena sembelit. Maka dari itu, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah ini setiap hari agar terhindar dari sembelit serta dapat melindungi fungsi usus.

  • Dapat Meningkatkan Sistem Kekeban Tubuh

Buah naga kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, kebutuhan harian vitamin C bumil harus tercukupi agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Kandungan vitamin C bermanfaat juga berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah serangan radikal bebas pada ibu dan janin.

Itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan ibu hamil, semoga penjelasan diatas dapat dimengerti dan menambah pengetahuan anda semua.


About Pritter

Add your Thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *